Sabtu, 08 Agustus 2009

4 kali juara beruntun Satria Muda Britama

SM Britama Juara IBL 2009

Kelapagading,Warta Kota

Satria Muda Britama Jakarta menjuarai kompetisi Indonesian Basketball League (IBL) 2009 setelah di final game keempat di Hall Basket Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Minggu (2/8) sore, menaklukkan Aspac Jakarta 85-72.

Hasil ini membuat Satria Muda Britama mempertahankan gelar yang keempat kali berturut-turut dan kelima kali sepanjang gelaran IBL mulai tahun 2003.

Dibandingkan dengan pertandingan sebelumnya, permainan Youbel Sondakh dan kawan-kawan yang menjadi pemain terbaik di final IBL ini sangat jauh. Baik defensif maupun offensif rebound pemain SM Britama sangat memuaskan. Aspac Jakarta yang mencoba melakukan penyerangan, selalu gagal di tengah jalan.

Namun, kemenangan SM Britama harus dibayar mahal. Salah satu andalannya, Wendha Widjaja, meninggalkan lapangan di pertengahan kuarter dua karena berbenturan dengan Rico Hantono, pemain Aspac.

Wendha yang diduga tangan kirinya patah, langsung dibawa ke rumah sakit. "Ya yang namanya mempertahankan gelar ya seperti ini, kita mesti berdarah-darah," kata Fictor Roring, seperti dilansir Antara.

SM langsung unggul 21-22 di kuarter pertama. Kuarter kedua, Aspac sempat hampir bisa menyusul ketertinggalan, di awal kuarter kedua bisa menyamakan kedudukan 24-24. Namun SM Britama bisa mengejar ketertinggalan, terlebih setelah Wendha cedera. Dan SM Britama masih tetap unggul di paruh pertama dengan 41-32.

Kunci kemenangan SM justru paruh kedua, mereka benar membuat pemain Aspac tak berkutik. Hanya Xaverius Prawiro yang sanggup memberi poin, sedangkan pemain lain hampir mati kutu. SM pun unggul 22-16 di kuarter tiga. Dan kuarter empat SM meraih kemenangan setelah Aspac gagal mengejar ketertinggalan.

Faisal J Achmad kembali menjadi top skor untuk SM dengan meraih 25 poin. Sedang di Aspac, Xaverius Prawiro 23 poin. "Walau kalah kita puas, memang belum waktunya meraih gelar juara. Kita bisa masuk final saja hanya karena pelatih saya, Tjetjep Firmansyah bisa luar biasa," kata Irawan Haryono, manajer Aspac.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar